Safari Ramadhan Tahun Ini, Pemkab Keerom Hanya Bantu Masjid, Musholla Katanya Tahun Depan

Bupati Keerom, Muh. Markum saat menyerahkan bantuan untuk salah satu masjid dalam kegiatan Safari Ramadhan. (Foto : Alfred / Lingkar Papua)

LINGKARPAPUA.COM, KEEROM— Setiap tahunnya Pemerintah Kabupaten Keerom melakuan Safari Ramadhan sekaligus menyalurkan bantuan untuk pembangunan masjid maupun mushola.

Namun untuk tahun 2018 bantuan keagamaan tersebut hanya diberikan kepada masjid saja, sedangkan mushola tidak mendapatkan bantuan seperti era Bupati sebelumnya.

Menurut Bupati Keerom Muh. Markum, SH, MH, MM alasan pihaknya hanya memberikan bantuan kepada musholla dalam Safari Ramadhan, karena tahun ini hampir semua masjid melakukan pembangunan, sehingga diharapkan tahun depan semuanya telah selesai.

“kita sengaja buat seperti itu supaya kita fokus dulu satu persatu biar rampung, karena banyaknya masjid yang sedang membangun, membuat tahun ini musholla tidak kita bantu dulu, mungkin tahun depan baru mushola kita bantu,” ujar Bupati Keerom saat melakukan Safari Ramadhan di Masjid Al Muhajirin Distrik Senggi, Jumat (25/5/2018).

Baca Juga:  Hilirisasi Tambang Dorong Indonesia-sentris

Walaupun fokus tahun ini hanya masjid, Bupati Keerom melihat bantuan yang diberikan Pemkab Keerom masih jauh untuk memenuhi semua kebutuhan pembangunan masjid. Untuk itu dirinya berharap jamaah masjid setempat juga turut serta menyumbangkan rejekinya untuk pembangunan masjid.

“Bantuan dari kami ini hanya stimulant saja, kebutuhan pembangunan masjid sangat besar, saya mengajak semua umat untuk menyisihkan sedikit rejekinya untuk turut membantu pembangunan masjid,” ajak Bupati Markum kepada jamaah yang turut hadir dalam acara tersebut.

Bupati Markum juga mengingatkan seluruh umat muslim di Kabupaten Keerom untuk menjaga kedamaian dan keamanan daerah serta menjaga kebersamaan antar umat beragama yang telah tercipta selama ini.

Baca Juga:  Akankah John R. Banua – Marthin Yogobi Jadi Calon Tunggal di Pilkada Jayawijaya 2018 ?

“Saya berharap kita semua menjaga daerah kita ini bersama-sama, jaga lingkungan masing-masing agar kita terhindar dari hal-hal yang dapat memecah persatuan dan kesatuan yang selama ini sudah ada,” tutur Bupati.

Sementara itu Ketua Badan Koordinasi Masjid (BKM) Drs, Irwan, MMT mengungkapkan, tahun ini juga dalam Safari Ramadhan ada perbedaan dalam penyaluran bantuan. Jika pada tahun-tahun sebelumnya bantuan langsung diberikan dalam bentuk uang tunai, namun tahun ini seluruh bantuan telah ditransfer ke rekening pembangunan masing-masing masjid.

“Karena sekarang regulasi keuangan pemerintah semua bantuan harus melalui rekening makanya semua dana untuk bantuan sudah di transfer. Kita hanya serahkan bukti transfer dari bank saja kepada pengurus masjid,” paparnya. (***)

Baca Juga:  Apa Itu Jurnalis Warga ???

Reporter         : Alfred Kaempe
Editor             : Walhamri Wahid

Berikan Komentar Anda

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*