Ini 21 Cara Alami Turunkan Kadar Gula Darah dan Atasi Diabetes

Daun kelor, salah satu sayuran yg di yakini bisa menurunkan kadar gula dan atasi diabetes. (Foto : halosehat.com)

LINGKARPAPUA.COM, HIDUP SEHAT—Anda sering buang air kecil dari biasanya, kerap merasa lapar, sakit kepala dan sering pandangan memudar atau kunang – kunang, bisa jadi itu gejala awal anda mengidap diabetes. Kekurangan hormon insulin dan ketidakmampuan tubuh dalam mengendalikannya adalah penyebab utama diabetes.

Dan salah satu indicator anda memiliki bakat diabetes atau tidak adalah kadar gula darah, bila gula darah anda tinggi menandakan bahwa Anda punya bakat untuk memiliki diabetes, kadar glukosa sering sulit untuk dikontrol oleh mereka yang menderita diabetes karena ini merupakan tanda bahwa tubuh penderita tak lagi mampu secara normal menghasilkan insulin secara cukup. Akhirnya, gula darah pun berubah menjadi racun yang kemudian dapat memicu kerusakan organ pada tubuh.

Baik gaya hidup maupun faktor hormon, keduanya memiliki kemungkinan besar dalam meningkatkan gula darah hingga menjadi terlalu tinggi.

Padahal glukosa sendiri sangat diperlukan supaya kebutuhan energi tubuh bisa terpenuhi dengan baik. Lalu, apakah ada cara menurunkan gula darah apabila gula darah sudah telanjur begitu tinggi ? Ada sejumlah rekomendasi cara alami yang Anda dapat pertimbangkan untuk menurunkan gula darah, diantaranya :

1. Bubuhi Teh dengan kayu manis
Seperti di lansir liputan6.com, menurut Dr. Josh Axe, seorang ahli gizi, menambahkan kayu manis pada teh yang kita seruput di pagi hari ternyata bisa membantu menurunkan kadar gula darah, kayu manis bisa meningkatkan sensitivitas insulin, ia akan mengeblok enzim yang disebut alanines yang biasanya digunakan oleh darah untuk menyerap gula.

Dengan mengeblok alanines, glukosa yang masuk ke aliran darah jadi lebih sedikit meski kamu sebelumnya mengonsumsi makanan tinggi gula. Dengan begitu, kadar gula darah tak akan melonjak.

2. Konsumsi Bawang Putih
Dikutip dari harvestsuplemen.com, jika dikonsumsi secara rutin, bawang putih mampu menurunkan kadar gula darah. Pasalnya, umbi ini mengandung zat sulfoxide. Kandungan tersebut bisa meningkatkan sensitivitas insulin serta membantu penyembuhan infeksi.

Selain itu, bawang putih juga mengandung allicin dan allyl propyl disulfide. Kedua zat tersebut bisa menghambat penghentian insulin di hati. Supaya kadar gula darah cepat menurun, bawang putih harus dikonsumsi secara langsung. Minimal, Anda mampu mengonsumsi tiga siung bawang putih sekali makan.

3. Kendalikan Asupan Karbohidrat
Karbohidrat merupakan senyawa organik yang menjadi sumber kalori bagi tubuh. Dalam kondisi normal, karbohidrat berfungsi sebagai penambah energi, materi pembangun, serta menjaga keseimbangan asam basa.

Sebaliknya, jika dikonsumsi secara berlebihan, bisa memperparah penyakit diabetes. Menurut Prof. Dr. dr. I Made Djaja, SKM, Msc dari Universitas Indonesia, karbohidrat menjadi penyebab utama diabetes. Mengurangi asupan karbohidrat dapat menjadi salah satu cara menurunkan diabetes yang ampuh.

3. Minum Ramuan Daun Kemangi
Laura Shane-Mcwhorter, penulis buku The American Diabetes Association: Guide to Herbs and Nutritional Supplements, mengungkapkan bahwa daun kemangi mampu meningkatkan sekresi insulin. Jika minum air rebusan daun tersebut secara teratur, kadar gula darah akan menurun secara cepat.

Baca Juga:  Dua Paslon dan Satu Balon Wabup di Papua Terancam Digugurkan KPU, Gara – Gara LHKPN

4. Lakukan Olahraga secara Teratur
Olahraga membantu sel tubuh lebih sensitif terhadap insulin. Karena sensitivitas meningkat, kadar gula darah cenderung menurun. Secara bertahap, gejala diabetes pun bisa dikendalikan.

Olahraga paling ringan yang bisa dilakukan adalah joging. Dengan gerakan kaki dan tangan secara menyeluruh, kalori dalam tubuh terbakar. Michelle May MD, penulis buku Eat What You Love, olahraga selama 45 menit bisa menurunkan gula darah hingga 155 mg/dl.

6. Perbanyak makan Buah dan Sayur
Makan buah dan sayur lebih banyak bisa membantu pencegahan diabetes, juga mampu meningkatkan insulin di dalam tubuh, sayuran yang dapat dikonsumsi, antara lain kol, brokoli, kacang-kacangan, serta bayam, sementara untuk buah – buahan bisa buah naga

7. Atur Pola Istirahat
Cobalah menghitung, berapa jam Anda tidur dalam sehari? Untuk ukuran orang dewasa, minimal harus istirahat selama 8 jam per hari. Meski begitu, kualitas tidurlah yang menentukan kesehatan tubuh.

Jadi, saat tubuh terasa sangat lelah, pejamkan mata dan istirahatkan otak. Berdasarkan riset peneliti dari University of Chicago, sebagian besar penderita diabetes memiliki pola tidur yang buruk. Mereka cenderung kesulitan dalam mengendalikan penyakitnya.

Penelitian tersebut membuktikan bahwa kadar gula bisa meningkat hingga 23 persen jika kurang tidur. Menurut mereka, salah satu cara tidur nyenyak adalah dengan mengurangi stres.

8. Minum Air Putih
Dikutip dari halosehat.com, cara yang paling sederhana dan dianjurkan untuk turunkan kadar gula adalah minum air putih, bahaya kurang minum air putih selain bisa dehidrasi, juga bisa menaikkan gula darah dalam tubuh. Air mineral atau air putih selain bisa menurunkan glukosa darah tinggi pun juga dapat diandalkan sebagai penyehat kulit, pengusir bakteri dan kuman, serta peningkat daya tahan tubuh. Meminumnya 8 gelas per hari atau setara dengan 2 liter adalah keputusan terbaik untuk membuat kesehatan lebih baik.

9. Mengurangi Makanan Manis
Karena gula darah sudah cukup tinggi atau bahkan terlalu tinggi, Anda perlu juga mengurangi makanan-makanan manis. Memang makanan manis tampaknya menjadi kegemaran hampir oleh setiap orang, namun ketika gula darah sudah naik banyak, tak ada salahnya mulai mengurangi konsumsi makanan tersebut.

10. Memakai Daun Mangga
Cara menurunkan gula darah yang tinggi dengan daun mangga pun bisa dimanfaatkan karena memang bagus dalam mengatasi diabetes.

Pengaturan kadar insulin bisa dilakukan secara alami menggunakan obat herbal satu ini. Bahkan dengan daun mangga ini, Anda mampu meningkatkan proful lipid darah.

Caranya cukup ambil 10 – 15 lembar daun manga, rendam dalam 1 gelas air semalaman, pagi hari airnya di saring dan bisa di minum sebelum sarapan, atau dapat juga di giling jadi halus dan seduh sebagai pengganti daun teh atau langsung di makan sehari dua kali.

Baca Juga:  Kasus Postingan di Facebook, Nasib Saly Maskat dan Panji Agung Tunggu Hasil Gelar Perkara

11. Memanfaatkan Daun Kari
Selain bisa mengatasi, mencegah diabetes juga adalah kemampuan dari daun kari ini. Sifat anti diabetesnya cukup tinggi sehingga akan mampu memecah pati menjadi glukosa pada penderita gula darah tinggi.

Caranya siapkan 10 lembar daun kari per hari untuk di kunyah – kunyah setiap pagi, untuk hasil maksimal lakukan rutins elama 3 – 4 bulan, khasiat lainnya dari daun kari bisa menurunkan kolesterol loh, jadi cocok buat yang ingin diet.

12. Minum Teh Hijau
Teh hijau berbeda dari daun teh lainnya karena tidak melalui proses fermentasi dan kandungan polifenolnya pun termasuk tinggi. Kandungan tersebut adalah antioksidan dan hipoglikemik kuat yang bisa mengendalikan proses pelepasan gula darah. Dengan demikian, tubuh pun akan dibantuk lebih baik dalam menggunakan insulin.

13. Memanfaatkan Lidah Buaya
Selain jadi obat alami bagi para penderita diabetes, untuk kadar glukosa yang tinggi, gel aloe vera adalah solusi yang baik karena mengandung pitosterol di mana bersifat anti-hiperglikemia yang pas untuk penderita diabetes tipe 2.

Caranya siapakan lidah buaya, kunyit dan daun salam,campurkan gel lidah buaya 1 sendok makan dengan kunyit dan daun salam 1 ½ sendok masing-masing. Setelah dicampur, obat herbal sudah jadi dan Anda bisa mengonsumsinya sehari 2 kali sebelum makan malam dan makan siang.

14. Memakai Jamun / Indian Blackberry
Mungkin Anda sudah pernah dengar tentang Indian blackberry atau yang disebut juga dengan jamun. Di dalam biji blackberry India ini ada kandungan glikosida yang berperan sebagai pencegah konversi pati menjadi gula sehingga bisa membantu menurunkan tingkat gula darah tinggi serta menanggulangi lonjakan insulin.

Caranya, sediakan jamun 5-6 buah setiap paginya supaya kadar gula darah bisa terkendali dengan baik. Tambahkan juga biji jamin sebanyak 1 sendok ke dalam 1 gelas air hangat atau susu juga boleh. Minumlah setiap hari supaya diabetes bisa dikendalikan secara alami.

15. Mengonsumsi Daun Kelor
Daun tanaman ini ternyata bagus untuk menurunkan gula darah tinggi selain dari meningkatkan tenaga seseorang. Kemampuannya cukup tinggi dalam membantu para penderita diabetes dan dapat dipercaya. Anda pun mampu meningkatkan rasa kenyang dan membuat proses pemecahan makanan lebih lambat, serta menurunkan tekanan darah tinggi.

Caranya, ambil beberapa lembar daun kelor secukupnya dan cucilah sampai bersih. Hancurkan untuk bisa memperoleh ekstraknya. Konsumsilah sebanyak ¼ cangkir dari ramuan jus daun kelor dalam keadaan perut kosong setiap paginya. Ini akan membawa kadar gula darah Anda selalu normal dan terkendali dengan baik.

16. Memakai Biji Rami
Biji rami ini adalah bahan makanan yang mampu menolong proses penyerapan gula dan lemak secara sempurna. Tingkat gula postprandial diabetes pun mampu menjadi lebih berkurang sebanyak 28 persen.

Baca Juga:  JOSUA Harap Perusahaan Besar Harus Bersinergi Dengan Pemerintah Untuk Bangun ‘Kota Idaman’ Bagi Pekerja

Caranya, konsumsilah bubuk biji rami sesendok makan setiap hari dan setiap pagi ketika perut masih dalam keadaan kosong. Konsumsi bersama dengan segelas air hangat lebih dianjurkan, namun selalu ingat untuk tidak mengonsumsinya lebih dari 2 sendok makan per harinya.

17. Jangan Telat Jam Makan
Melewatkan jam makan ternyata juga bisa meningkatkan kadar glukosa dalam darah, melewatkan jam makan merupakan suatu hal yang dianggap biasa oleh beberapa orang, terutama yang memiliki aktivitas padat.

Namun hal tersebut rupanya adalah kebiasaan buruk yang tak hanya bisa memicu kegemukan, tapi juga menyebabkan kadar gula darah terdorong naik. Di saat Anda merasa lapar, glukosa di dalam tubuh yang dilepas dari organ hati bakal menjadi bahan bakarnya. Lama-kelamaan karena hal ini gula darah pun melonjak.

18. Makan Alpukat
Kandungan asam lemak tak jenuh tunggal di dalam buah ini adalah salah satu yang terbaik untuk membuat gula darah kadarnya tetap normal, stabil dan sehat. Risiko sindrom metabolik semacam diabetes dapat menurun dengan mengonsumsi alpukat.

Telah ditunjukkan oleh sebuah studi bahwa diet tinggi asam lemak tak jenuh tunggal dan diet karbohidrat tinggi mampu membuat glukosa darah terjaga kadarnya. Bahkan resistensi insulin pun juga dapat dibantu untuk menjadi lebih rendah.

19. Menggunakan Ketan Hitam
Beras ketan hitam adalah salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk menurunkan gula darah. Karena di dalamnya terkandung antioksidan tinggi serta bersifat anti-inflamasi, maka tak hanya diabetes saja yang mampu dicegah, tapi juga kerusakan sel hati, anemia, alzheimer, tumor, kanker, serta penuaan dini.

Caranya, ambil beras ketan hitam murni sekitar 2-3 sendok tanpa campuran apapun. Sediakan air panas untuk menyeduhnya sampai gelas penuh, lalu tutuplah dan tunggu sampai dingin, yaitu kurang lebih sejam. Air seduhan inilah yang dapat Anda minum sehari 3 kali, yaitu pagi, siang serta malam hari, tapi pastikan konsumsi sebelum makan.

20. Memanfaatkan Pare
Pare kaya akan vitamin B kompleks, flavonoid,vitamin C, serta asam folat sangat baik untuk diandalkan sebagai penurun kadar gula darah. Kandungan charntin-nya pun cukup tinggi dan memiliki kemampuan dalam mengobati diabetes.

Caranya, sediakan buah pare segar sebanyak 200 gram berikut air bersih sebanyak 2 gelas. Buah pare harus di potong-potong lebih dulu baru kemudian bisa tuangkan 2 gelas air untuk merebusnya. Sampai air tersisa segelas dan baru kemudian diangkat. Minumlah air rebusan ini secara teratur untuk menurunkan gula darah secara efektif.

21. Buah Merah
Buah khas Papua ini memiliki manfaat utama yang sebagai sumber minyak karotenoid atau minyak nabati. Masyarakat yang tinggal di area pesisir dan pegununganlah yang biasanya memanfaatkan buah merah dan ternyata buah ini juga dapat diandalkan dalam memperbaiki fungsi pankreas agar produksi insulin berjalan baik. (***)

Penulis      : Nugroho
Editor        : Walhamri Wahid

Berikan Komentar Anda

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*