Cara Tradisional Ini Ampuh Untuk Hilangkan Bau Badan Loh !

ilustrasi bau badan (Foto : alodokter.com)

LINGKARPAPUA.COM, HIDUP SEHAT— Anda sering merasa tidak percaya diri, bila sedang beraktifitas di luar ruang, berkeringat, pastilah tercium aroma tak sedap dari tubuh Anda bukan ? Tidak perlu buru – buru ke dokter atau langsung membeli beberapa produk pabrikan yang mahal, seperti deodorant, bedak, atau anti perspirant, cobalah beberapa resep dan tanaman tradisional yang banyak kita temukan di sekitar kita.

Bau badan sebenarnya dipengaruhi oleh beberapa faktor, gaya hidup yang tidak sehat, makanan yang dikonsumsi dan kurang menjaga kebersihan. Utamanya kebersihan badan. Bau ini tidak saja membuat indra penciuman kita menerima sesuatu yang tidak sedap. Melainkan juga akan menimbulkan berbagai masalah serius. Hal ini disebabkan oleh bakteri yang mudah menempek dalam tubuh kita. Sehingga, sangat memungkinkan akan mudah mengalami sakit untuk seseorang yang kurang menjaga kesehatan tubuh.

Dikutip dari halosehat.com, banyak cara yang dilakukan untuk menghilangkan bau badan ini. Mengubah kebiasaan dalam menjaga kebersihan badan, memakai mewangian, dan lainnya sebagainya, tetapi beberapa resep tradisional ini perlu juga di coba dulu, diantaranya :

1. Gunakan Kapur Sirih dan Tawas
Tawas dipercaya dapat menghilangkan bau tidak sedap pada tubuh kita. Terlebih dipadukan dengan kapur sirih akan begitu menguatkan manfaat tersebut. Sebab banyak bahan menghilangkan bau badan yang menggunakan campuran dari tawas ini.

Caranya sediakan 50 grm tawas, rendam kapur sirih semalaman, campurkan air kapur sirih dengan tawas, lalu oleskan pada area badan yang sering mengelurkan bau tidak sedap. Salah satunya adalah ketiak.

2. Kapur Sirih dan Jeruk Nipis
Jeruk nipis mengandung aktioksidan tinggi dan kaya akan vitamin C, di padukan dengan kapur sirih akan menjadi salah satu bahan dalam menghilangkan bau badan. Terlebih menghilangkan bau badan di ketiak.

Baca Juga:  Gelar Laga Persahabatan, IPSI Kota Desak Pelantikan Pengprov Papua

Caranya campurkan jeruk nipis 2-3 buah, oleskan pada ketiak Anda, tunggu sekitar 30 menit. Langkah terakhir adalah dengan membilasnya. Dijamin bau badan yang bersumber dari ketiak akan hilang secara perlahan.

3. Mandi dengan Campuran Kapur Sirih
Kapur sirih dipercaya memiliki kandungan anti jamur yang tinggi, anti  jamur inilah yang akan menghambat dan menghentikan penyebaran jamur. Terlebih jamur yang menyebabkan bau badan. Dengan mandi menggunakan campuran kapur sirih akan meningkatkan kandungan yang ada didalamnya. Penting untuk diingat dalam menggunakan kapur sirih ini harus sesuai takaran. Sebab jika berlebih akan menimbulkan bau yang tidak sedap dan menimbulkan stress.

4. Masker Menggunakan Kapur Sirih
Bau badan sama halnya dengan bau mulut salah satunya disebabkan oleh bakteri yang bercampur dengan keringat. Tubuh kita memiliki dua kelenjer, yaitu apokrin dan ekrin. Apokrin terletak pada bagian tubuh yang ada lipatannya, sala satunya adalah ketiak.

Ketiak inilah yang sering mengakibatkan timbulnya bau yang tidak sedap. Untuk menhilangkan bau tersebut dapat menggunakan kapur sirih. Cara untuk menggunakan juga terbilang mudah. Tinggal dibuat masker atau dioleskan pada ketiak. Tunggu sekitar 30 menit kemudian di bilas dengan air.

5. Kapur Sirih dengan Kunyit
Kunyit ini memiliki kandungan antioksidan tinggi yang mampu menyap nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, juga mampu menghambat tumbuhnya bulu ketiak. Bulu inilah yang sering memicu terjadinya bau badan.

Baca Juga:  12 Tahun Mati, Akhirnya RAPI Keerom ‘Bangkit Dari Kubur’

Caranya sediakan 50 gram kapur sirih, 5 cm kunyit yang telah dikupas dan dibersihkan, campurkan keduanya lalu oleskan pada ketiak, tunggu beberapa menit hingga kandungan meresap, lalu bilas dengan air hingga bersih.

6. Kapur Sirih dengan Pepaya
Kandungan papaya terdiri dari vitamin E dan antioksidan, pepaya mampu meremajakan kulit ketiak sehingga tetap sehat dan tidak mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Cara lainnya yang bisa kita gunakan seperti di kutip dari laman manjadda.com,

7. Daun Sirih
Daun sirih merupakan bahan alami yang banyak memiliki manfaat dan salah satunya yaitu untuk menghilangkan bau badan dan ketiak dengan cepat. karena di dalam daun sirih terdapat kandungan zat antioksidan yang mampu untuk membunuh kuman dan jamur.

Caranya rebus kurang lebih 9-10 lembar daun sirih dan gunakan hasil rebusan tersebut untuk mandi atau anda juga dapat meminumnya. Pemakaian secara teratur akan dengan cepat menghilangkan bau badan.

8. Daun Kemangi
Daun kemangi memiliki bau yang khas dan mengandung minyak aksirin. Cara menggunakannya santap daun kemangi secara rutin agar bau badan hilang. daun kemangi sering kali digunakan sebagai lalapan untuk lauk makan. hal ini memang bertujuan untuk menghilangkan bau mulut setelah makan daging. selain itu, bisa juga untuk menghilangkan bau badan.

9. Dengan Lobak
Caranya anda buat jus dari lobak lalu isikan di bekas botol minyak wangi anda. Bawa jus lobak tersebut kemana aja anda bepergian, dan semprotkan ke ketiak pada saat-saat ketiak anda mulai bau.

10. Bubur Tomat
Tomat juga mampu menghilangkan bau ketiak anda. Siapkan 1-2 buah tomat lalu aduk sampai menjadi bubur. Lalu oleskan bubur tomat ke ketiak anda secara merata. Biarkan selama kurang lebih 15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan hal ini dalam beberapa minggu, niscaya bau ketiak anda akan berkurang bahkan hilang dalam waktu singkat.

Baca Juga:  Mencari Bacaleg Berintegritas, DPD PSI Kota Jayapura Gandeng Tim Juri Independen

11. Daun Beluntas
Tanaman yang mengandung zat alkali dan mengandung aroma yang kuat. Cara menggunakannya untuk menghilangkan bau badan yaitu dengan menggunakan daun beluntas sebagai bahan lalap mentah atau anda bisa merebus dahulu kemudian air rebusannya diminum.

12. Cengkeh
Cengkeh mengandung zat aktif untuk anti inflmasi dan anti bakteri yang bisa anda gunakan untuk membuat deodoran alami. Caranya rendam cengkeh pada air hangat sampai mengembang, kemudian minum air rendaman tersebut atau bisa juga dengan mengoleskan pada area ketiak dan jangan lupa bilas dengan menggunakan air bersih.

13. Rimpang Temulawak
Rimpang temulawak juga mengandung minyak aksirin yang dapat mengatasi bau badan. Caranya parut temulawak kemudian oleskan pada bagian yang sering berkeringat atau anda juga bisa meminum air rebusan temulawak untuk menghilangkan bau ketiak. Lakukan secara teratur untuk mempercepat menghilangkan bau ketiak anda.

14. Konsumsi Air Putih
Dengan mengkonsumsi air putih secara teratur maka sirkulasi air yang ada di tubuh anda akan lancar. Air putih bermanfaat untuk memproduksi keringat yang sehat tanpa mengeluarkan bau. Coba bandingkan bau keringat jika anda lebih besar porsi minum selain meminum air putih. Minumlah air putih dengan cukup, Minimal sehari delapan gelas. (***)

Penulis            : Nugroho
Editor             : Walhamri Wahid

Berikan Komentar Anda

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*