Ini Tujuh Rekomendasi Penting Rakerda Demokrat Papua !

Suasana penutupan Rakerda DPD Partai Demokrat Provinsi Papua oleh Ketua DPD, Lukas Enembe, SIP, MH tadi malam di Jayapura. (Foto : Titie/ Lingkar Papua)

LINGKARPAPUA.COM, JAYAPURA—Usai pembukaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Provinsi Papua yang di buka secara resmi oleh Musa Isir, Kepala Badan Kesbangpol dan Linmas Provinsi Papua mewakili Penjabat Gubernur Papua, akhirnya Rakerda DPD Demokrat Papua menghasilkan sejumlah rekomendasi.

Dimana dalam pantauan Lingkar Papua dari sejumlah rekomendasi yang dibacakan saat penutupan Rakerda, ada 6 point yang penting, diantaranya yaitu soal penentuan siapa – siapa yang akan di usulkan oleh DPD Demokrat Provinsi Papua untuk mengisi komposisi bacaleg Demokrat Dapil Papua di DPR RI pada Pileg 2019 mendatang.

“Rakerda tadi telah memutuskan dan menetapkan 4 (empat) nama kader-kader terbaiknya yang akan diusung dan diperjuangkan bersama-sama oleh seluruh Keluarga Besar Partai Demokrat Provinsi Papua pada Pemilu Legislatif 2019 untuk duduk di kursi DPR RI”, kata carolus BOlly, SE, MM, Sekretaris DPD Demokrat Papua, Selasa (12/6/2018) pukul 02.00 WIT, usai penutupan Rakerda yang secara simbolis oleh Ketua DPD Parta Demokrat Provinsi Papua, Lukas Enembe, SIP, MH.

Keempat bacaleg yang di usulkan oleh DPD Demokrat Papua ke DPP untuk ditetapkan sebagai caleg Dapil Papua untuk DPR RI adalah Willem Wandik, Liberth Kristo Ibo, SH, MH, Mohamad Rivai Darus, Sh dan Carolus Kia Kelen Bolly, SE, MM.

Untuk selanjutnya, empat nama bakal caleg ini diminta untuk diteruskan usulannya oleh Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Papua kepada Majelis Tinggi Partai dan Ketua Umum DPP Partai Demokrat agar dapat ditetapkan sebagai Caleg DPR RI Partai Demokrat Dapil Papua.

Baca Juga:  675 Kg Vanili Tanpa Dokumen dari PNG Diamankan di Pos Lintas Batas Negara

Rekomendasi lainnya, sambung Carolus, menghadapi pesta demokrasi, Pilkada Gubernur Papua dan Pilkada Bupati di 7 (tujuh) kabupaten se-Papua pada 27 Juni 2018, Demokrat Provinsi Papua mengajak seluruh lapisan masyarakat Papua yang mempunyai hak pilih, agar menggunakan hak pilihnya ke TPS  masing-masing sesuai hati nuraninya masing-masing.

“tentukan pilihan yang tepat dalam memilih pemimpin yang benar-benar dan bersungguh-sungguh mempunyai hasrat yang tulus untuk membangun Papua  dan kabupatennya masing-masing menjadi lebih baik,” kata Carolus.

Sedangkan untuk Pilgub Papua, Rakerda merekomendasikan agar seluruh elemen partai mulai dari tingkat DPD sampai Ranting untuk berjuang dan bekerja keras guna memenangkan pasangan calon nomor urut 1 yang di usung oleh Demokrat, yakni Lukas Enembe, SIP. MH dan Klemen Tinal, SE. MM agar terpilih kembali sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Jilid 2 Periode 2018-2023.

“pasangan calon ini telah teruji dan terbukti secara nyata mampu melaksanakan proses pembangunan dalam segala aspeknya di Provinsi Papua dalam keadaan damai, aman dan tentram,” kata Sekretaris DPD Demokrat Papua itu lagi.

Rekomendasi keempat, terkait pelaksanaan Pileg 2019 mendatang, Rakerda semalam sudah menginstruksikan untuk dibukanya pendaftaran bakal caleg untuk semua tingkatan baik untuk mengisi daftar bacaleg di DPR Papua maupun di DPRD kabupaten / kota, dengan tidak membuka pendaftaran secara terbuka kepada figure non kader, tetapi pendaftaran bacaleg di prioritaskan hanya kepada kader Demokrat saja.

“kami mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat Papua, bahwa kali ini, proses rekrutmen Caleg akan diutamakan bagi kader-kader Partai Demokrat yang saat ini duduk dalam jajaran pengurus Partai Demokrat baik di tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota maupun Distrik,” kata Carolus menambahkan prioritas itu dengan memperhatikan persyaratan mutlak yang sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku dan PKPU, serta memastikan adanya keterwakilan 30 % perempuan.

Baca Juga:  PEJABAT DAERAH ANTARA DISKRESI DAN KORUPSI

Lebih lanjut, Demokrat Papua juga merekomendasikan para ketua DPC Demokrat yang ada di wilayah Papua untuk menerima proses pendaftaran para bakal caleg Partai Demokrat lintas tingkatan, baik dari pengurus DPD Partai Demokrat Provinsi Papua yang akan menjadi Bacaleg di tingkat kabupaten/kota atau sebaliknya.

“Ketua DPC Partai Demokrat agar dapat menerima proses pendafarannya dengan tetap memperhatikan peta-peta kekuatan suara yang dimiliki oleh bacaleg-bacaleg yang bersangkutan. Hal ini juga berlaku bagi bacaleg yang berasal dari pengurus DPC Partai Demokrat kabupaten/kota se-Papua yang akan mencalonkan diri ke tingkat provinsi,” kata Carolus Bolly, SE, MM.

Rekomendasi kelima, bahwa segera dilakukan konsolidasi internal dengan merapikan dan melengkapi struktur internal Partai Demokrat di semua tingkatan, di dahului dengan gelaran Musyawarah Cabang (Muscab) dalam waktu dekat secara serentak.

“putusan Rakerda tadi, kita akan memastikan proses konsolidasi internal partai dengan merapikan struktur organisasi mulai dari tingkat provinsi, kabupaten/kota hingga tingkat Distrik, Kampung, dan Kelurahan, agar agenda-agenda Partai Demokrat sebagai partai politik terdepan di Provinsi Papua dapat berjalan lancar dan menjamin kesiapan Partai Demokrat untuk menyongsong pelaksanaan Musyawarah Cabang serentak se-Provinsi Papua, serta Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden Tahun 2019 yang akan datang:”, kata Carolus.

Rakerda DPD Demokrat Papua semalam juga merekomendasikan agar seluruh kader ikut mendukung pelaksanaan pembangunan sesuai dengan visi yang telah di canangkan Mandiri, Bangkit Sejahtera dan Berkeadilan dengan tetap membangun kerja sama dan bergandengan tangan dengan pemerintah baik di provinsi maupun kabupaten, juga stake holder lainnya baik itu legislative, MRP, kepolisian, TNI-AD, tokoh pemuda, gereja, dan kaum perempuan demi mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan rakyat Papua.

Baca Juga:  Kepala Kampung Walma Dapat Bantu 2.000 Ekor Bibit Ikan Mujair dan Bawal dari Babinsa Koramil 1701-23/Skanto

“kader harus ikut memastikan keberlangsungan dan pelaksanaan proses pembangunan di tiap daerah masing – masing dengan menjalin koordinasi dan komunikasi dengan semua stake holder, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, pemberdayaan masyarakat dan sejumlah program pemerintah lainnya”, kata Carolus menyebutkan rekomendasi ke enam Rakerda.

Rekomendasi ketujuh, Rakerda DPD Demokrat mengajak seluruh kader, simpatisan partai bersama – sama dengan masyarakat, bergandengan tangan guna menangkal penyebar luasan paham – paham yang berpotensi memecah belah persatuan dan kesatuan di Papua, dengan meningkatkan kewaspadaan dan menjaga keamanan, ketertiban, dan ketentraman di seluruh wilayah Papua terhadap aksi-aksi radikalisme, fanatisme berlebihan dan terorisme yang belakangan ini kembali mengancam dan telah terjadi di wilayah lain NKRI.

“Kita harus terus bergandengan tangan dengan setiap unsur golongan agama dan kelompok-kelompok kepemudaan, perempuan, gereja dan unsur-unsur lainnya untuk menjaga toleransi antara umat beragama yang baik dan menjamin bahwa wilayah Papua adalah wilayah yang aman dan damai untuk kelangsungan hidup orang banyak diatas tanah ini agar proses penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan dapat terus berlangsung dengan baik,” kata anggota DPR Papua ini sembari mengucapkan selamat melaksanakan ibadah puasa bagi umat muslim dan menyambut Idul Fitri yang tinggal beberapa hari lagi. (***)

Reporter          : Titie
Editor               : Walhamri Wahid

Berikan Komentar Anda

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*