Bawa Kabur Hasil Pleno, Seorang Anggota PPD Kedapatan Bersama Cabup dan Uang 100 Juta

Kapolres Mimika, AKBP Agung Marlianto ketika memeriksa sejumlah dokumen hasil pleno yang di kuasai anggota PPD Mimika Baru sesaat yang bersangkutan kedapatan tengah melakukan pertemuan dengan salah satu Cabup di Pilkada Mimika. (Foto : ist/ Lingkar Papua)

LINGKARPAPUA.COM,MIMIKA— Seorang anggota Panitia Pemilihan Distrik (PPD) Mimika Baru berinisial JM kedapatan tengah bersama – sama dengan salah satu Calon Bupati (Cabup) nomor urut 4, Hans Magal di sebuah rumah di SP 3, Karang Senang, Kuala Kencana, Kabupaten Mimika, Sabtu (7/7/2018) pukul 20.45 WIT, bersama keduanya juga di amankan hasil pleno rekapitulasi perolehan suara Pemilihan Bupati – Wakil Bupati Mimika dan juga uang sebesar Rp. 100 juta lebih di dalam noken Calon Bupati yang di amankan tersebut.

Dari informasi yang di himpun Lingkar Papua, per Jumat, (6/7/2018) kemarin semestinya hasil pleno dari PPD sudah masuk ke KPUD Mimika, namun sejak pagi hingga malam harinya, 5 PPD belum menyerahkan Berita Acara Hasil Pleno Rekapitulasi tingkat PPD ke KPUD, bahkan ketika di hubungi melalui handphonenya, para anggota PPD dimaksud tidak bisa di hubungi karena handphonenya di matikan, sehingga sejak Sabtu, (7/7/2018) pagi, KPUD Mimika dan Bawaslu Papua yang mengambil alih tugas Panwaslu Mimika berinisiatif melacak dan mencari keberadaan para anggota PPD tersebut dengan mendatangi rumah masing – masing namun tidak ditemukan keberadaannya.

Baca Juga:  Wabup dan Kepala OPD Sayangkan Aksi Mogok Empat Dokter di RSUD Kwaingga Keerom

Sekitar pukul 20.00 WIT Bawaslu Papua mendapatkan informasi dari masyarakat bahwasanya ada anggota PPD Mimika Baru tengah berada di salah satu rumah di SP 3, Kuala Kencana, sehingga Bawaslu dan KPUD Mimika berinisiatif untuk melakukan penjemputan kepada anggota PPD dimaksud untuk menanyakan hasil pleno rekapitulasi perolehan suara PPD Mimika Baru yang belum di serahkan.

Dan saat itu, Bawaslu Papua yang di dampingi Tim Gakkumdu Pilkada Mimika yang di pimpin Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto dan Dandim 1710/ Mimika, Letkol (Inf) Indarto bergerak ke lokasi yang di sampaikan warga, dan setibanya di rumah tersebut selain mendapati anggota PPD bersama dokumen Berita Acara hasil Pleno Rekapitulasi tingkat PPD tengah bersama – sama dengan Cabup nomor urut 4 Hans Magal dan juga di dapati uang sebesar Rp. 100 juta dalam noken Hans Magal.

“Ya, … memang tadi saya bersama Kapolres mendampingi Bawaslu ke TKP, maksud kami ingin menjemput anggota PPD yang belum menyerahkan hasil pleno PPD yang semestinya tiba di KPUD sejak kemarin (Jumat, 6 Juli 2018-Red), namun rupanya petugas PPD tersebut lagi bersama salah satu Cabup di sebuah rumah warga”, kata Letkol (Inf) Indarto, dandim 1710/Mimika saat di konfirmasi Lingkar Papua, Minggu (8/7/2018) pukul 01.00 WIT.

Baca Juga:  Kemarin Dikukuhkan, Ini Lima Program Utama Tim 7 Jokowi Centre Papua

Windarto membantah jika pihaknya melakukan penangkapan terhadap oknum anggota PPD tersebut, namun yang pasti saat mereka tiba di lokasi, pihaknya mendapati oknum PPD tersebut sedang bersama dengan salah satu Calon Bupati.

“Kita tidak tahu dalam rangka apa Cabup nomor 4 ada di rumah tersebut juga, pertemuan apa, yang pasti saat kami tiba disana, memang ada anggota PPD dan Cabup nomor urut 4 beserta barang bukti yang sudah diamankan”, kata Dandim enggan menceritakan secara detail kejadiannya.

Kapolres Mimika, AKBP Agung Marlianto secara terpisah kepada wartawan di Timika, Sabtu (7/7/2018) malam membenarkan insiden tersebut dan menurut Kapolres saat ini baik anggota PPD maupun Cabup Hans Magal keduanya masih di mintai keterangan terkait keberadaan keduanya dalam satu rumah dengan sejumlah barang bukti hasil pleno PPD dan sejumlah uang.

“jadi kami mendampingi Bawaslu dan KPUD yang tengah mencari anggota PPD Mimika Baru yang belum menyerahkan Berita Acara Pleno PPD, padahal sudah lewat sehari dari jadwal yang semestinya, apalagi PPD ini tidak bisa di hubungi handphonenya sejak Jumat, (6/7/2018) sore, kami amankan 1 orang saja, ada kemungkinan yang lainnya kabur, karena sejak Jumat itu dari 18 PPD, sebanyak 13 PPD sudah menyerahkan hasil pleno, sedangkan 5 PPD tidak di ketahui keberadaannya”, kata Kapolres menegaskan keberadaan pihaknya di lokasi bukan untuk melakukan penangkapan, tetapi sekedar mendampingi Bawaslu menjalankan tugasnya dan tanpa sengaja mendapatkan insiden tersebut.

Baca Juga:  Lantik Reky D Ambrauw Jadi Penjabat Bupati Mamteng, Penjabat Gubernur Ingatkan Jangan Sampai Ada Kepala Daerah Kena OTT KPK

Kapolres membenarkan juga soal ditemukannya dokumen hasil pleno tingkat PPD bersama sejumlah uang di lokasi tersebut, sedangkan terkait keberadaan hasil pleno 4 distrik lainnya menurut Kapolres sudah berhasil di amankan juga dan dokumen hasil pleno sudah diserahkan ke KPUD Mimika.

“seharusnya dokumen pleno itu tidak boleh dibawa – bawa, dan harusnya ada di kantor, saat di geledah juga ada uang Rp. 101 juta di dalam noken Cabup Hans Magal, kendaraan roda empat sebanyak 4 unit, beserta sejumlah dokumen hasil pleno PPD Mimika Baru”, kata Kapolres menegaskan temuan tersebut akan di dalami oleh Gakkumdu dan akan di proses sesuai peraturan perundang – undangan yang berlaku.

Kapolres juga menambahkan terkait keberadaan Cabup Hans Magal di lokasi yang sama dengan PPD tersebut masih di dalami motifnya, namun sesuai aturan pasangan calon di larang bertemu dengan penyelenggara, apalagi di tempat tertutup.

“saat ini Gakumdu bersama Bawaslu sedang bekerja bersama Jaksa dan Penyidik Gakumdu dan pihak kepolisian menyerahkan semua proses hukum kepada yang berkompeten”, kata Kapolres Mimika lagi. (***)

Reporter         : Titie
Editor             : Walhamri Wahid

Berikan Komentar Anda

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*